Gamefikasi Melalui Boardgame Ular Tangga Internet Sehat Pada Pembelajaran Agama Islam
Surabaya.(23/1)
Mendung hari ini, tak lantas surutkan antusiasme para siswa kelas 1 SD Juara
surabaya tuk menimba ilmu penuh seru. Setelah program GEMBIRA (Gerakan Membaca
Insan Juara), yang dilaksanakan 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa
bersiap menerima materi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Dimulai dengan
lagu berjudul ‘Jalan Masuk Surga”, para siswa tak sabar menunggu permainan hari
ini. “Siapa hari ini yang ingin bermain Ular Tangga”, tanya sang Guru. Riuh
para siswa yang semangat pun saling
bersahutan. “Baiklah kalau begitu. Tapi sebelum kita bermain, siapa yang bisa
menyebutkan keteladanan apa yang bisa kita ambil dari kisah nabi Idris?”,
sambung sang Guru.
Furqon, sang ketua kelas pun
angkat jari seraya menjawab, “Nabi Idris cerdas dan pantang menyerah, Bu”, Ujar
sang guru sembari menunjukkan acungan jempol padanya. Siswa lain pun saling
menyahut untuk menyambung jawaban darinya.
Sang Guru pun menjelaskan bahwa
jika ingin pandai, para siswa Juara harus rajin membaca. “Saat masih kecil , bu
Guru belum mengenal namanya internet. Tapi, sekarang anak kecil saja sudah bisa
membaca dan belajar dengan menggunakan internet. Seperti halnya permainan ular
tangga Internet Sehat ini, ada gambar ular dan ada gambar tangga. Saat kalian
bisa menggunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat, kalian akan naik lewat
tangga ini. Tapi sebaliknya, saat kalian tidak bisa menggunakannya dengan
bijaksana, kalian akan terperosok dengan gambar ular ini”, Ujar sang guru
menjelaskan dengan bahasa yang paling mudah dipahami oleh siswa kelas 1.
“Saya senag sekali bermain ular
tangga ini”, ujar Nizar, Nugi, dan Rama, dari kelompok Semangat.
“Penerapan Gamefikasi Ular Tangga Internet Sehat ini sangat penting untuk
dipelajari sejak dini. Hal tersebut diharapkan mampu menangkal penggunaan
internet yang tidak bijaksana oleh para siswa”, Tegas Furri Kurnia Adtama, guru
pengampu bidang studi PAI.
Keterangan:
- Alat dan Bahan
- 1. Ular Tangga Internet sehat (diprint warna)
- 2. Kardus bekas (untuk alas)
- 3.
Batu kerikil (3 butir pada masing-masing siswa)
- 4. Tutup botol yang berbeda warna (untuk pion untuk masing-masing siswa)
- 5. Dadu kecil (1 dadu tiap kelompok)
Syarat Permaian
- Menunggu
giliran dengan rapi/dilarang menyerobot
- Menggunakan
bahasa yang santun/ dilarang berteriak
- Bermain
dengan tertib / dilarang curang
- Membantu
teman (membaca kalimat) dengan ikhlas
Peraturan Permainan
- 1. Siswa dibagi dalam kelompok
- 2. Tiap kelompok berisi 3 siswa
- 3. Masing-masing kelompok mendapatkan 1 dadu
- 4. Siswa melakukan hompimpa untuk mendapatkan pemain 1
- 5. Siswa melakukan suit untuk mendapatkan pemain 2 dan 3
- 6. Pemain 1 mendapatkan kesempatan untuk melempar dadu
- 7. Pemain 1 menjalankan pion sesuai angka yang keluar pada dadu
- 8. Pemain satu berkewajiban membaca kalimat yang ada pada kotak pion
- 9. Hal tersebut berlaku juga untuk pemain ke-2 dan ke-3
- 10. Saat mendapatkan “tangga”, pemain bharus membacakan kalimat pada kotak tujuan “tangga”
- 11. Saat mendapatkan “ular”, pemain bharus membacakan kalimat pada kotak tujuan “ular”
- 12. Jika salah satu pemain sampai pada garis finish terlebih dahulu, pemain tersebut berhak meletakkan 1 batu kerikil pada tempat yang sudah di sediakan di samping kotak ular tangga
- 13. Siswa yang belum bisa membaca, akan dibantu oleh peserta lain untuk membacakan kalimat yang ada di dalam kotak
- 14. Jika salah satu pemain sampai pada garis finish terlebih dahulu, permainan dimulai dari awal kembali
- 15. Permainan akan berakhir setelah pemain terlebih dahulu meletakkan 3 kerikil yang dimilikinya
- 16. Pemain tersebutlah yang berhasil menjuarai permainan tersebut



Komentar
Posting Komentar